by

Mau Tahu Untung nya Game Genshin Impact Berapa? ini Penjelasannya

Cuan abissss ! Genshin Impact Raup Rp 14 Triliun dalam 6 Bulan.

Genshin Impact Raup Rp 14 Triliun dalam 6 Bulan Foto: Mihoyo
Jakarta -Genshin Impact adalah game aksi peran yang dikembangkan dan diterbitkan oleh miHoYo. Gim ini menampilkan lingkungan dunia terbuka dan sistem pertempuran berbasis aksi menggunakan sihir elemen dan peralihan karakter, dan menggunakan monetisasi gacha game bagi pemain untuk mendapatkan karakter baru, senjata, dan sumber daya lainnya.terus menjadi mesin uang untuk miHoYo.

Game RPG ini berhasil meraup USD 1 miliar atau Rp 14 triliun dalam waktu kurang dari enam bulan sejak diluncurkan pada 28 September 2020.

Menurut laporan perusahaan riset pasar Sensor Tower, pencapaian ini menjadikan Genshin Impact sebagai game yang paling cepat menembus angka USD 1 miliar, mengalahkan game populer lain seperti Pokemon Go dan Clash Royale.

Cuan yang diraup Genshin Impact semakin bertambah setiap mereka mengenalkan karakter baru. Rata-rata pendapatan harian Genshin Impact adalah USD 5,8 juta sehari, tapi jika ada banner karakter baru rata-rata ini melonjak jadi USD 12 juta sehari.

Genshin Impact terjadi di dunia fantasi Teyvat, yang merupakan rumah bagi tujuh negara berbeda, yang masing-masing terikat pada suatu elemen dan diperintah oleh dewa yang terkait dengannya. Ceritanya mengikuti saudara kembar, disebut sebagai Pengelana, yang telah melakukan perjalanan melintasi banyak dunia dengan saudara kembarnya tetapi telah dipisahkan dari mereka oleh dewa yang tidak dikenal di Teyvat. Pengembara melakukan perjalanan melintasi Teyvat untuk mencari saudara yang hilang bersama rekan mereka Paimon dan terlibat dalam urusan negara lain, dewa, dan dunia.

Gim ini mendapat sambutan yang umumnya positif, dengan kritikus memuji pertarungan dan kebebasan dunia terbuka, sementara beberapa kritik dilontarkan pada konten dan monetisasi gim akhir. Permainan ini meraup lebih dari $ 874 juta dalam waktu lima bulan.

Karakter yang paling populer dan meraup pendapatan paling besar adalah Zhongli yang menghasilkan USD 15,5 juta saat pertama kali dikenalkan pada 1 Desember 2020. Sementara itu Hu Tao, karakter terbaru yang dikenalkan awal bulan ini, meraup USD 12,9 juta.


Karakter Genshin Impact paling cuan dan populer Foto: dok. Sensor Tower

 

Dalam sebulan, pemain Genshin Impact rata-rata mengeluarkan USD 160 juta sejak bulan Desember. Per 23 Maret, pemain Genshin Impact telah mengeluarkan USD 148 juta hanya dalam bulan ini saja, seperti dikutip dari Sensor Tower, Kamis (25/3/2021).

Perlu diingat bahwa Sensor Tower hanya mengumpulkan data pendapatan Genshin Impact dari Android dan iOS. Game ini juga tersedia di PlayStation dan PC, jadi kemungkinan mereka telah melewati angka USD 1 miliar sejak beberapa bulan yang lalu.

Popularitasnya pun mendunia, dengan China sebagai pasar terbesar yang mengeluarkan USD 302 juta atau 29,5% dari pengeluaran global. Jepang dan Amerika Serikat menyusul sebagai negara penyumbang cuan terbesar kedua dan ketiga dengan pengeluaran masing-masing USD 278,3 juta dan USD 189 juta.

Kesuksesan Genshin Impact tentu didorong oleh sistem gacha yang mengharuskan pemain ‘berjudi’ dan mengandalkan keberuntungannya untuk mendapatkan karakter pilihan mereka. Tapi game ini juga didukung oleh gameplay, event dan cerita yang menarik.

miHoYo selaku pengembang Genshin Impact pun untung besar karena mereka hanya menghabiskan USD 100 juta untuk mengembangkan game ini. Tapi bulan lalu Presiden miHoYo Cai Haoyu mengatakan perusahaannya akan menggandakan biaya pengembangan Genshin Impact setiap tahunnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed