by

Suka Warna Kuning ? Yuk Simak Kenapa Banyak Dijumpai Pada Karakter Game

Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning

Foto: Dok. Brightside
Jakarta -Jika kamu disuruh menyebutkan nama-nama kartun yang berwarna kuning pasti dalam benak akan muncul nama-nama seperti SpongeBob, Pikachu, Minion, The Simpsons, Winnie The Pooh dan masih banyak lagi.

Tapi pernahkah penasaran kenapa kebanyakan mereka berwarna kuning? Nah berikut ada 5 penjelasan secara ilmiahnya sebagaimana dilansir dari Brightside, Selasa (9/3/2021).

1. Kuning warna paling kontras

Kuning, biru dan merah menjadi salah satu warna primer atau warna pokok atau warna dasar. Dan kuning menjadi warna paling kontras. Namun untuk warna primer yang digunakan di layar seperti televisi adalah merah, hijau, dan biru.

Dalam skema warna ini, kuning dan biru berada di sisi berlawanan dari spektrum, membuat satu sama lain paling menonjol. Biru adalah warna umum di banyak latar belakang (seperti laut, langit, dll.), jadi warna biru yang cenderung gelap cocok dipadukan dengan warna kuning sehingga karakter kartun utamanya lebih menonjol dan cerah.

 

2. Psikologi dan arti di balik warna kuning

Secara psikologi, makna warna kuning mengarah pada warna yang paling bahagia, menyolok dan juga menyatu dengan ekstrovert. Warna ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin tampil atau ingin diperhatikan oleh orang lain.

Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Dengan kata lain warna ini juga mengandung makna optimis, semangat dan ceria. Oleh karena itu individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, sehingga mereka lebih kreatif dan pandai menciptakan ide yang orisinil.

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, untuk itulah pecinta warna kuning sangat cocok bekerja di bidang yang memerlukan ketelitian tinggi seperti akuntan, teknisi dan ahli komputer.

Pecinta warna kuning sangat kreatif, dia menyukai bidang seni dan merasa nyaman berada di dekat orang-orang yang bekerja di bidang seni.

Memiliki rasa percaya diri dan sangat tertarik dengan hal yang baru. Dia memiliki optimisme yang tinggi bahwa semua proyeknya pasti akan berhasil.

Pecinta warna kuning sangat mencintai tantangan. Baginya hidup harus siap menjalani tantangan-tantangan baru.

Jika kamu sangat menyukai warna kuning maka kamu sangat suka bekerjasama. Kamu ahli dalam membangun networking.

Kamu sangat mudah untuk fokus dan teliti dalam mengambil keputusan penting dalam hidupmu.

Pecinta kuning sangat pandai dalam mengatur emosi, sehingga saat berdiskusi dia tidak akan mudah untuk terpancing emosi sehingga menyebabkan kegaduhan.

Kamu sangat mudah bersosialisasi dan dapat dengan mudah mengatasi masalah. Kamu juga mudah menyeimbangkan mana kepentingan pribadi dan umum.

 

3. Warna kuning bisa dilihat oleh penonton buta warna

Kuning menjadi warna yang paling terlihat karena itu adalah warna yang paling terlihat dalam cahaya redup dan paling terlihat kedua pada siang hari. Bahkan warna ini dapat dibedakan untuk orang-orang yang alami buta warna.

 

Alasan kartun kebanyakan warna kuning. Foto: Dok. Brightside

 

4. Kuning menjadi spesial bagi anak-anak

Warna kuning sering digunakan dalam bentuk iklan untuk anak-anak karena warna ini memiliki arti emosi yang positif contoh seperti iklan Lego, Hot Wheels, Crayola, dan lainnya.

Dalam sebuah pemasaran, warna kuning biasanya digunakan untuk mengemas produk yang ‘menyenangkan’.

sebuah penelitian mengungkapkan anak-anak yang diberi pilihan antara krayon kuning dan coklat setelah mendengarkan cerita bahagia atau sedih. Mayoritas kelompok ‘cerita bahagia’ memilih krayon kuning, dan sebagian besar anak-anak dari kelompok kedua lebih memilih krayon cokelat, membuktikan bahwa asosiasi warna dengan suasana hati seseorang itu penting.

Warna kuning memikat dengan esensinya yang mencerahkan. Tak heran, warna ini sering dikaitkan dengan situasi yang ceria dan menyenangkan. Warna kuning yang menyala melambangkan sukacita dan kebahagiaan.

Paling dikenal sebagai warna ceria dan lincah, kuning menginspirasi kepositifan. Dengan kepolosannya yang mudah, warna kuning beresonansi mendalam dengan anak-anak. Karena alasan inilah mengapa banyak mainan didominasi warna kuning.

 

5. Menarik perhatian

Juga pada hewan warna kuning identik dengan hewan yang menyengat seperti lebah, tawon, hingga ular berbisa dan hewan-hewan berbahaya lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed